2 Teknik Online Paling Mudah Cara Daftar BPUM BRI dan Cairkan 1,2 JT BLT UMKM

Banyak yang belum tahu cara daftar BPUM padahal sangat mudah dan dapat dilakukan online. Sejak pandemi memang berbagai langkah dilakukan pemerintah guna memulihkan perekonomian yang carut marut.

Misalnya saja adanya dana PKH, BPNT, BST dan yang paling baru adalah BPUM. Bagi yang belum tahu cara daftar BPUM online, bisa menyimak ulasan dan penjelasan yang akan dibahas dibawah ini.

Karena rambeh.com akan memberikan pembahasan secara detail, khusus untuk pelaku usaha yang membutuhkannya. Penasaran kan simak sampai pembahasan selesai ya?

Apa dan Mengapa Diberikan BPUM Pada Pelaku Usaha?

Pandemi dengan jangka waktu yang belum dapat ditentukan seperti ini membuat pelaku usaha terpuruk. Banyak di antaranya yang bangkrut dan untuk memulai lagi tentunya bukan hal mudah. aPemerintah yang tanggap dengan cepat menggelontorkan dana khusus bagi para pelaku bisnis.

Bantuan semacam ini memang mendukung para pebisnis untuk dapat bergerak lebih gesit menanggulangi permasalahan selama pandemi. BPUM dikenal juga sebagai BLT UMKM, merupakan salah satu program pemerintah yang tengah digalakkan secara optimal belakangan ini.

Bagaimana cara daftar BPUM dapat dilakukan dengan mudah saja, tapi sebaiknya tahu apa itu BPUM terlebih dahulu. Bantuan dikhususkan guna memaksimalkan pemulihan usaha yang pergerakannya tidak stabil selama pandemi.

Untuk bantuan ini akan diberikan dana sebesar 1,2 juta rupiah pada setiap pelaku usaha terdampak pandemi. Bantuan dengan jumlah nominal itu akan diberikan untuk 12,8 juta para pelaku usaha yang masuk kategori UMKM.

Dengan adanya bantuan yang banyak dan dari berbagai wilayah maka ditunjuk beberapa tempat guna pengelolaan pencairannya. Pencairan dapat dilakukan melalui berbagai bank, antara lain:

  1. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

2. BPD (Bank Pembangunan Daerah)

3. Bank Negara Indonesia (BNI)

4. Bank Mandiri

Melalui sejumlah bank yang ditunjuk maka pengelolaan pencairan memudahkan masyarakat untuk melakukan pencairan. Mengapa dikeluarkannya bantuan ini karena untuk menetralkan kembali perekonomian masyarakat dengan menggerakkan inti usahanya.

Hal ini dengan memaksimalkan para pelaku usaha agar dapat bergerak lagi melakukan bisnisnya. Jika ingin melakukan cek dan ricek sudah ada link yang dapat diklik untuk langsung untuk mengetahui dengan cepat secara online.

BPUM dapat dikatakan memiliki banyak manfaat yang membuat bisnis mulai bertumbuh kembali meskipun pandemi masih ada. Cara daftar BPUM sangat memudahkan pelaku bisnis dan mudah dipahami. Manfaatnya yang begitu banyak dapat dilihat dengan detail dalam artikel ini.

Sangat Membantu Terdampak Pandemi, Ini Dia 3 Manfaat Bantuan Produktif Usaha Mikro BRI

Dibutuhkan informasi paling update guna mengetahui segala hal tentang cara daftar BPUM. Selain itu cara mencairkan dana BLT UMKM sebesar 1,2 juta rupiah yang diharapkan membantu pertumbuhan usaha. Adanya bantuan ini memberikan berbagai manfaat yang berguna bagi para pelaku usaha.

Manfaat yang didapatkan dari adanya BPUM dapat dilihat seperti berikut ini.

Mengurangi Jumlah Pengangguran

Tidak dapat dipungkiri adanya pandemi membuat tingkat pengangguran melonjak drastis. Dengan banyaknya PHK yang dilakukan perusahaan membuat sebagian orang kehilangan pekerjaannya.

BPS melalui surveinya mengungkap pada Mei 2021 muncul penambahan yang tinggi dalam kaitannya dengan pelaku usaha. Sebanyak 760 ribu orang mulai menjalankan UMKM dan buruh yang dibutuhkan secara informal hingga 4,5 juta lebih.

Untuk itu bantuan yang diberikan ini diharapkan akan mengoptimalkan usaha yang mulai bertumbuh kembali. Tentunya dengan cara daftar BPUM yang sangat mudah dan pencairan yang tak kalah mudahnya juga.

Penggelontoran dana pada para pelaku bisnis usaha bagi masyarakat akan memberikan banyak dampak luar biasa. Pelaku usaha dapat menambah pengelolaan dengan tambahan pekerja baru guna meminimalisir tingkat pengangguran.

UMKM Semakin Berkembang

Dana yang diberikan dari pemerintah diharapkan akan terus meningkatkan laju pertumbuhan UMKM. Meskipun dampak pandemi tak dapat dihilangkan begitu saja, setidaknya akan mengurangi hal negatif dari perubahan banyak faktor ini.

Perintisan UMKM secara perlahan dapat dilakukan dengan tambahan modal usaha. Meskipun kalkulasi dana yang ada adalah 1,2 juta rupiah tetap dapat digunakan sebagaimana mestinya agar UMKM dapat berjalan terus.

Pertumbuhan perlahan tapi tetap berjalan dimaksimalkan guna berjalannya roda perekonomian dari bisnis, pekerja serta ruang lebih luas lagi.

Usaha Baru Bertumbuh Pesat

Adanya suntikan dana BPUM memunculkan usaha baru yang karena pandemi muncul begitu banyak. Dari sini maka usaha baru lebih mudah bergerak karena adanya dana yang diberikan. Terdapat korban PHK yang secara kreatif segera membuka bisnis baru untuk memperoleh pendapatan.

Usaha rintisan seperti ini akan makin bertumbuh dengan adanya bantuan dari BPUM. Bisnis menjanjikan dan tambahan dana memberi peluang agar rintisan usaha makin berkembang pesat dan pendapatan meningkat.

Cek Syarat Mendapatkan Bantuan BPUM BRI

Dibutuhkan syarat agar pelaku usaha mendapatkan bantuan dari pemerintah. Cara daftar BPUM tidak semena-mena diberikan karena tetap ada prosedur dengan syarat yang harus disanggupi calon penerima bantuan. Cek syaratnya di bawah ini agar usaha dapat gelontoran dana pemerintah.

  1. Mempunyai e KTP.
  2. Sebagai Warga Negara Indonesia.
  3. Bukan termasuk ASN, bukan anggota TNI atau POLRI dan bukan pegawai BUMD atau BUMN.
  4. Memiliki SKU atau Surat Keterangan Usaha untuk pelaku usaha jika KTP dan alamat tempat usaha berbeda.
  5. Tidak sedang menerima KUR atau Kredit Usaha Rakyat dari bank.
  6. Sudah pernah mendapatkan dana BPUM dari program sebelumnya, hal ini tidak diperbolehkan.
  7. Pelaku usaha yang sebelumnya sama sekali belum pernah menerima bantuan dana BPUM.
  8. Mempunyai usaha mikro sebagai proposal calon penerima dan pengusul lengkap dengan berkasnya.

Syarat tersebut harus dilengkapi ketika ingin mendapatkan dana dari BPUM. Kelengkapan yang kurang tidak akan diproses ke tahap lebih lanjut untuk mendapatkan dana bantuan.

Begini Cara Mudah Cek BPUM BRI

Tentunya banyak yang penasaran apakah kategori yang layak menerima bantuan dengan syarat yang telah dipenuhi. Untuk itu dapat melakukan pengecekan secara online dan mudah sekali caranya. Proses melihatnya dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Pastikan koneksi internet lancar untuk masuk ke https://eform.bri.co.id/bpum dan isi NIK atau nomor KTP seperti dalam form tersebut.
  • Masukkan kode pengungkit dan klik pada Proses Inquiry kemudian tunggu hingga proses sempurna.
  • Dari sini akan terlihat apakah masuk sebagai penerima BPUM atau malah sebaliknya.

Cara tersebut dapat dilakukan melalui ponsel android dan masih ada satu cara lagi melalui laman banpresbpum.id. Langkah melalui laman ini dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Masuk ke laman tersebut di atas dan masukkan NIK atau nomor KTP yang dibutuhkan.
  • Kemudian dapat mencoba pencarian dengan menuliskan nama apakah memperoleh bantuan atau tidak. Jika mendapatkan maka dilanjutkan dengan prosedur pemeriksaan.

Nama yang belum terdaftar dapat dikarenakan syarat belum lengkap atau karena masih dalam proses pendataan. Adapun 2 cara cek di atas lebih memudahkan tapi ada pula yang mendapatkan SMS pemberitahuan dari bank secara langsung. Jika seperti ini dapat menuju ke bank yang bersangkutan.

Cara Mudah Mendaftar BPUM BRI Secara Online dan Offline

Bisnis turun karena pandemic dapat melakukan ajuan dana yang digelontorkan pemerintah. Perekonomian yang tak menentu memang membutuhkan suntikan modal guna memaksimalkan bisnis usaha. Selain itu agar roda perekonomian yang sempat mati suri mulai bergerak kembali.

Jika ingin mendapatkan bantuan sesuai syarat dan ketentuan berlaku, dapat dilakukan cara daftar BPUM dengan mendaftarkan secara online dan offline.

Praktis dan Hanya Butuh Android dengan Online

Meskipun belum masuk dalam daftar penerima bantuan karena berbagai hal, pendaftaran dapat dilakukan online. Adapun prosesnya dapat dilihat seperti ini.

  • Membuat akun kemudian masuk ke https://oss.go.od lalu pilih Perizinan Berusaha lanjut ke Perseorangan.
  • Pilih Pendaftaran Nomor Induk Berusaha Perseorangan Mikro bagi pemilik mikro perseorangan. Apabila pelaku usaha kecil perseorangan dapat pilih NIB Perseorangan.
  • Proses NIB dan Izin Usaha pada Data Profil dan pilih Simpan, Lanjutkan.
  • Setelah itu Tambah Usaha dan isi data yang dibutuhkan di sana kemudian Simpan, Lanjutkan.
  • Izin Lingkungan dan Izin Lokasi untuk melengkapi form Komitmen Prasarana Usaha. Dari sini dapat dilihat kelengkapan data melalui draft NIB.
  • Pilih centang untuk proses NIB. Tentu setelah data yang ada diteliti dengan benar.
  • Apabila semua langkah sudah dilakukan maka dapat dilakukan cetak QR dari menu Pratinjau Izin Usaha QR.

Dengan demikian ajuan telah lengkap selanjutnya perlu pengajuan Izin Komersial atau Operasional seperti di bawah ini.

  • Pilih Permohonan dan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) lalu Izin Komersial atau Operasional dan pilih nomor NIB.
  • Kemudian pada layar muncul Daftar Kegiatan Usaha, pilih saja kegiatan usaha dengan memilih Izin Operasional atau Komersial.
  • Dibutuhkan banyak data lengkap, isi dengan benar dan pilih Simpan. Jangan lupa cek draft apakah data sudah benar.
  • Lakukan Preview yang telah diterbitkan OSS dan proses ajuan ini telah selesai dilakukan.

Cara daftar BPUM lebih mudah dan praktis jika dilakukan secara online. Namun, jika memilih secara offline, prosedurnya juga mudah. Tergantung kenyamanan masing-masing mau pilih secara online atau offline. Untuk cara offline dapat cek langsung di sini.

Offline Bagi Untuk Lebih Menyamankan Pelaku Usaha

Pendaftaran secara online untuk dana bantuan BPUM dapat dilakukan dengan syarat seperti halnya online. Yang perlu digaris bawahi jika usaha yang akan didaftarkan harus nyata adanya dan bukan abal-abal.

Caranya tinggal mendatangi pihak pengusul yang akan membantu dalam proses selanjutnya. Siapa saja pihak pengusul ini?

  • Koparasi berbadan hukum.
  • Dinas dalam urusan Koperasi dan skala kecil usaha hingga menengah mulai dari tingkat kota dan provinsi.
  • Kementerian beserta Lembaga yang terkait secara langsung.
  • Terdaftar dalam OJK baik itu perbankan dan perusahaan yang terhubung dengan UMKM.
  • Resmi bagian Lembaga pemerintah penyalur UMKM dengan data valid.

Adapun syarat cara daftar BPUM bagi pelaku usaha yang harus disiapkan adalah:

  • KTP secara elektronik dan nomor bagian dari NIK.
  • Nama lengkap seperti halnya tercantum pada KTP.
  • Usaha apa yang dilakukan harus jelas dan nyata.
  • Telepon yang aktif sehingga tidak sulit dihubungi.

Jika syaratnya sudah lengkap pengusul akan melakukan pengecekan sehingga dana sesuai target yang diinginkan dapat tepat sasaran.

Apa Itu SKU?

SKU yang biasa disebut sebagai Surat Keterangan Usaha harus ada apbbila alamat tempat tinggal dan tempat usaha berbeda. Surat keterangan ini dibutuhkan agar bantuan dana yang digelontorkan tepat sasaran dan benar.

Jika alamat KTP dan tempat usaha berbeda tak perlu khawatir karena dapat mengurusnya di kantor kelurahan setempat. Sebelumnya minta surat pengantar terlebih dahulu melalui RT, RW serta dibutuhkan Kartu Keluarga dan KTP.

Kemudian mendatangi kantor kelurahan atau kepala desa untuk melanjutkan pembuatan SKU.  Selanjutnya ke kecamatan dan disahkan oleh pihak yang berwenang. Biasanya telah diketahui oleh kepala desa setempat.

SKU ini dibutuhkan untuk mengetahui kebenaran akan usaha yang dilakukan ada dan nyata. Usaha UMKM adalah milik warga yang dimaksud dan memang real serta dapat dilakukan cek ricek. Surat keterangan berlaku selama satu tahun sehingga jika sudah kadaluarsa dapat mengajukan kembali.

Bagaimana Pembuatan SKU atau Surat Keterangan Usaha?

Cara daftar BPUM membutuhkan beberapa syarat diantaranya adalah memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU). Hal ini dilakukan apabila alamat KTP dan tempat usaha berbeda. Adapun secara umum, pengajuan SKU mudah dilakukan, yaitu:

  1. Pelaku membuat lamaran berupa surat mengenai dokumen dan data benar adanya sekaligus dibubuhkan materai.
  2. Jangan lupa menyertakan lampiran surat keterangan dari RT dan RW setempat.
  3. Apabila tidak dapat mengurus sendirian, dapat melalui surat kuasa tentunya beserta materai dan KTP pemberi kuasa.
  4. Menyiapkan dokumen penting yang dibutuhkan, yaitu KK, KTP dan NPWP.
  5. Tempat usah dilakukan dengan tidak mengganggu kepentingan umum dan tidak berjualan di badan jalan. Hal ini diperkuat dengan surat keterangan.
  6. Foto tempat usaha jelas dan tidak blur.
  7. Jika menyewa tempat usaha dilampirkan surat perjanjiannya beserta KTP dari pemilik tempat usaha tersebut.

Secara umum, syaratnya seperti disebutkan lengkap di atas. Namun, bagi yang tinggal di Jakarta, terdapat kelengkapan dokumen lainnya yang dapat didownload melalui laman resmi PTSP DKI. Syarat telah dilengkapi dengan baik, dapat segera melakukan daftar langsung penerima dana BPUM.

Melalui BRI, Begini Cara Mencairkan Dana BPUM dengan Mudah

Mendapatkan dana bantuan sebesar 1,2 juta rupiah tentu dapat untuk mengembangkan usaha. Cara daftar BPUM telah diketahui saatnya perlu mengetahui cara mencairkannya seperti apa. Berikut cara yang dapat ditempuh agar dana cair dengan mudah.

Syarat Dana Cair BRI

Caranya sangat mudah dan dapat dilakukan segera setelah ada pemberitahuan penerimaan bantuan. Dana dengan besar 1,2 juta rupiah dapat dilakukan apabila syaratnya telah terpenuhi, yaitu:

  • Sudah memiliki buku rekening serta ATM. Apabila belum memiliki maka BRI akan melakukan pembukaan rekening untuk yang bersangkutan.
  • Jangan lupakan KTP, hal ini penting sebagai syarat identitas diri.
  • Membawa surat pernyataan.
  • Jangan lupakan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau SPTJM dan kuasa penerima dana BPUM.

Dengan begitu dana segera dapat digelontorkan untuk segera dipergunakan guna memaksimalkan bisnis usaha.

Cara dan Syarat Cair BPUM BRI Sistem Reservasi

BPUM BRI dapat dicairkan dengan cara lain yaitu melalui Sistem Reservasi. Sistem ini dapat cek di laman https://eform.bri.co.id/bpum untuk mengetahui antrian. Dari sini makan dapat mengetahui tanggal penemuan serta pemilihan lokasi UKO atau Unit Kerja Operasional.

Apakah pembuatannya sulit? Tidak, lihat saja sistemnya di bawah ini.

  • Masuk ke bagian reservasi setelah mengetahui cara daftar BPUM dan telah terdaftar sebagai penerimanya.
  • Lanjutkan dengan mengisi kolom yang dibutuhkan, mencakup nomor KTP, domisili, jadwal antrian dan UKO.
  • Tunggu hingga muncul kode yang harus diikuti dan akan muncul nomor yang dapat disimpan.
  • Jika semuanya telah lengkap maka mendatangi lokasi UKO sesuai jadwal yang telah dipilih dan dibutuhkan NIK sebagai bukti.

Ketika mengisi kolom telah ada pemilihan jadwal sesuaikan dengan kebutuhan atau waktu yang dimiliki pelaku usaha. Apabila saat jadwal yang telah ditentukan berhalangan datang dan tidak ada di lokasi, maka perlu reservasi ulang kembali.

Ternyata memang tidak begitu sulit untuk memenuhi syarat yang dibutuhkan sesuai jenis usaha yang dimiliki. Dengan begitu akan lebih mudah untuk mengajukan syarat pengajuan BLT UMKM dari pemerintah.

BLT UMKM sebesar 1,2 juta rupiah didapatkan bila syarat dan cara daftar BPUM dilakukan sesuai prosedur. Tambahan modal tersebut didapatkan apabila telah terdaftar sebagai penerima bantuan. Dana dapat digunakan untuk memaksimalkan usaha yang sedang dilakukan.

About Admin Rambeh

Check Also

7 Rahasia  Mendeteksi Nomor HP Melalui Internet di Android dan iOS

Pernahkah Anda kehilangan ponsel? Ternyata terdapat sebuah fitur untuk mendeteksi nomor hp Melalui Internet Tahukah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.